Sabtu, 29 Desember 2012

Dampak Perubahan Sosial


  • Menjelaskan proses perubahan social di masyrakat
1)    Pengertian perubahan social
·         William F. Ogburn (1965 : 10 ) mengemukakan bahwa ruang lingkup perubahan soaial meliputi unsure – unsure kebudayaan baik materi non materi.
·         Robert Mac Iver ( 1937 : 272 ) membedakan antara utilitarian elements dan cultural elements yang di dasari oleh kepentingan manusia yang primer dan sekunder
·         utilitarian elements adalah banda benda yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia
·         cultural elements adalah ekspresi jiwa yang terwujud dalm cara hidup ,berpikir,seni,pergaulan ,agama, dan filsafat
·         John Lewis Gillin dan John Philip Gillin (1957 : 279) mengartikan perubahan social sebagai suatu  variasi dari cara – cara hidup yang telah diterima .
·         Selo Soemardjan mengartikan bahwa perubhan social sebagai segala perubahan dalam lembaga kemsyrakatan dalam suatu masyrakat yang mempengaruhi system sosialnya ,termasuk nilai – nilai ,sikap, dan pola prilaku antar kelompok masyrakat.
2)    Teori – teori perubahan social
Pitriam A Sorokin (1928 : 739 ) mengemukakan bahwa perubahan social adalah segenap usaha untuk mempertahankan suatu kecenderungan tetentu yang konstan dalam suatu perubahan social dan tidak akan berhasil dengan baik.
Teori modernisasi Keller Dan Calhoun (1989) mengemukakan bahwa Negara Negara terbelakang akan menempuh jalan yang sama ,seperti yang dilakukan Negara Negara maju.
Etzioni Dan Halevy (1973 :177) mengemukakan transisi perubahan suatu masyrakat trdisional kea rah masyrakat modern dipengaruhi oleh revolusi demografi.
Teori ketergantungan ( dependencia ) yang dikemukakan Giddens (1989 ) menguraikan bahwa perkembangan duni ketiga berlangsung tidak merata
Teori system dunia yang dirumuskan oleh Immanuel Wallerstein (giddens , 1989 ) menyatakan bahwa sekarang ini perekonomian kapitalis dalm tiga jenjang sebagi berikut.
a)    Negara ini terdiri dari Negara eropa barat
b)    Negara semi periferi yaitu nnegara eropa selatan
c)    Negara periferi adalah Negara asia dan afrika
3)    Pola – pola perubahan
Terdapat tiga pola perubahan pada tata kemsyrakatan yaitubevolusi ,difusi dan akulturasi
Evolusi adalah hasil pemikiran yang selau berubah ubah.
Steward (1955 :4) melakukan tiga pendekatan utama dalam memahami perkembangan suatu kebudayaan ,anatara lain sebagai berikut.
a)    Pendekatan teoritis evolusi kuno dan teori yang menganggap suatu perkembangan evolusi menrut garis lurus.
b)    Pnedekatan teoritis relativasi kebudayaan yang menyatakan bahwa perkembangan kebudayaan pada dasarnya yang berbeda beda dan mencoba mengidentifikasi cirri – cirri kebudayannya yang membedakan antara suatu masyrakat dan masyrakat lainnya.
c)    Pendekatan evolusi multilinear.
Difusi adalah proses menyebarkan suatu penemuan kebudayaan ( inovasi ) dari suatu masyrakat ke masyrakat lainnya ,mencakup seluruh lapisan masyrakat
Sapir dan Wissler ( herkovis, 1947 : 51.775 )  mengungkapkan bahawa cirri kebudayaan cenderung semakin rumit sepanjang waktu , semakin sederhana cirri suatu kebudayaan  menandakan kebudayaan tersebut semakin tua . semakin tersebar luas suatu kebudayaan dari pusatnya sampai ke kawasan pinggiran , juga menandakan kebudayaaan tersebut semakin tua.
Akulutrasi adalah suatu kebudayaan yang saling mempengaruhi kebudayaan lainnya,yang menghasilkan sebuah perubahan terhadap kebudayaan tersebut
Redfield, Linton dan Herkovis (1967 :182) mendifinisikan akulturasi meliputi fenomena yang di hasilkan sejak dua kelompok kebudayaan yang bebeda mulai melakukan hubungan lansung.
4)    Factor yang mendorong perubahan
a)    Kontak dengan kebudayaan lain . bebrbentuk intara masyrakat yang dipengaruhi oleh suatu pengakuan bahwa unsure baru tersebut mempunyai kegunaan serta dad tidaknya unsure – unsure kebudayaanya yang mempengaruhi diterima atau tidaknya unsure- unsure baru .difusi antar masyrakat dipengaruhi oleh :
(a)  Adanya kontak antar masyrakat tersebut
(b)  Kemampuan untuk mendeomontrasikan manfaat penemuan baru
(c)  Ada tidaknya unsure – unsure kebudayaan yang menyaingi unsur – unsure penemuan baru
(d)  Peranan masyrakat yang menyebarkan penemuan baru di dunia
(e)  Paksaan dapat juga di pergunakan untuk meneriamaa suatu penemuan baru di dunia
b)    Akulturasi merupakan salah satu bentuk difusi yaitu percampuran antara dua kebudayaan atau lebih
c)    Asimilasi biasanya terjadi pembauran antar etnis di pergaulan dalam kehidupan sehari – hari.
d)    Inovasi adalah pemikiran – pemikiran baru setiap individu sehingga dapat menghasilkan karya yang baru.
e)    System pendididkan formal yang maju . perubahan sikap dan prilaku sesorang diawali dengan perubahan dan pengetahuan yang dimilki setiap setiap individu . system pendidikan dapat mengubah sisitem seseorang
f)     Krisis merupakan suatu keadaan yang terpuruk karena terjadi proses akulturasi kebudayaan
g)    Visi ialah arah tujuan yang akan di capai oleh suatu kelompok masyrakat tertentu.
5)    Factor yang menghambat perubahan
a)    Kurangnya hubungan dengan masyrakat lain
b)    Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c)    Sikap masyrakat yang sangat tradisional
d)    Adanya kepentingan – kepentingan yang telah  tertanam dengan kuat (vastest interest )
e)    Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integarsi kebudayaan
f)     Prasangka terhadap hal - hal baru atau asing atau sikap yang tertutup
g)    Hambatan yang bersifat ideologis
h)    Adat atau kebiasaan
i)      Nilai yang di yakni bahawa hidup ini pada hakikatnya buruk atau tidak mungkin diperbaiki
B.    Menganalisis dampak perubahan social terhadap kehidupan masyrakat
1) dampak perubahan social
Masyrakat dual societies mengalami berbagai pertentangan yaitu :
a)    Factor produksi di masyrakat barat langsung dinamis , sedangkan pada masyrakat pribumi yang tinggla di pedesaan bersifat statis
b)    Adanya msyarakaat perkotaan dan masyrakat pedesaaan
c)    Adanya ekonomi uang dan barang
d)    Adanya sentralisasi administrasi dan lokalisasi
e)    Adanya kehidupan yang didominasi oleh mesin pada masyrakat barat , sedangkan pada masyrakat timur di dominasi kekuatan alam
f)     Adanya perekonomian produsen dan perekonomian konsumen
Involution ialah tingkat kerumitan berlebih dan semakin rinci yang menjadikan setiap orang tetap menerima bagian dari panen bertani ,walaupun bagian yang diperoleh makin hari kian kecil.
Dampak modernisasi menurut eisentadt (1966 : 32-33) menyebabkan disorganisasi asocial.akibatnya ,memunculkan gelomabng protes yang cenderung mengusung tiga tema utama :
(a)  Pencarian tatanan dan keadilan berlandaskan pada perinsip persatuan
(b)  Pencarian symbol – symbol baru bersama yang dapat meberikan identitas seseorang dan kolektif
(c)  Pencarian makna dan kemungkinan mengaktualisasikan diri dalam struktur social yang cenderung muncul.
Berikut perubahan yang tidak kalah penting :
·         Perubahan dalam ruang lingkup keluarga
·         Perubahan dalam ruang pendidikan
Damapak lain yang diakibatkan oleh proses perubahan social dapat kita lihat dari sudut pandang lain modernisasi.
2). Mengidentifikasi tantangan globalisasi
Secara epistemology,globalisasi berasal dari kata globe yang berarti dunia.pengertian tersebut menghilangkan sekat – sekat pembatas antar bangsa dan Negara.daya dorong terjadinya globalisasi ialah terdapatnya kesadaran bahwa sumber daya alam yang terdapat di suatu Negara mulai berkurang. Dengan kata lain,globalisasi merupakan proses masuknya suatu informasi ke dalam ruang lingkup dunia.
Beberapa percobaan dilakukan untuk mengatasi sejumlah masalah atau konflik yang timbul yaitu :
a)    Percobaan pertama yang menyarankan perluasaan kegiatan sentralisasi dalam pembubaran wilayah local
b)    Percobaan kedua , yaitu berbagai upaya untuk menegakan demokrasi
Pda kritikus globalisasi mengungkapkan Negara – Negara barat telah memaksa Negara – Negara miskin untuk menghapuskan hembatan perdagangan .akan tetapi tetap mempertahankan hambatan perdagangan . akan tetapi tetap mempertahankan hambatan dagang mereka sendiri dengan mencegah Negara berkembang mengekspor hasil pertanian .
Adanya liberalisasi yaitu pelepasan campur tangan pemerintah dalam pasar keuangan , pasar modal dan hambatan perdagangan
Privatisasi , liberalisasi, dan stabilitas makro seharusnya menciptakan iklim investasi nyang menarik . namun sisi buruknaya jika bisnis asing masuk ,mereaka dapat menghancurkan pesaing – pesaing local.
Disisi lain kita dapat menyaksikan kemajuan teknologi dan informasi tetapi kemajuan tersebut dapat membawa pengaruh pada deka densi moral.
3)  gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa
Moderinisasi dan perubahan kebudayaan merupakan dua hal yang saling melengkapi modernisasi bukan berarti kita harus mengikuti budaya barat, tetapi adanya pencapaian bahwa bangsa Indonesia mengikuti kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang di barat .adapun persoalan budaya bangsa Indonesia memiliki ragam yang khas sehingga kemajuan diperoleh tanpa meningglakan jati drir bangsa
Adapun suatu gejolak social perlu mendapat penanganan dari berbagai pihak
Berita yang akan ditayangkan . setiap orang yang tidak mengikuti perkembangan media massa , secara otomatis akan terisolasir dari perkembangan dan kemajuan peradaban .peradaban adalah arah dari perkembangan suatu bentuk konsp madani ( ideal ) . empat cirri masyrakat madani adalah “
a)    Kesukarelaan . artinya masyrakat madani bukanlah suatu masyrakat yang di bentuk karena paksaan atau indoktrinasi. Keanggotaan masyrakat madani berasal dari masyrakat bebas , yang secara sukarela membentuk kehidupan bersama dan mempunyai komitmen yang sangat besar untuk mewujudkan cita – cita bersama.
b)    Keswsembadaan . keanggotaan masyrakat tidak akan menggantungkan kehidupan kepada orang lain , negar atau organisasi.
c)    Kemandirian tinggi kepada Negara. Bagi mereka Negara hanyalah kesepakatan berupa tuntutan dan tanggung jawab dari setiap anggota.
d)    Keterkaitan pada nilai – nilai hokum yang disepakati berasama . masyrakat madani adalah suatu masyarakat berdasarkan hokum dan bukanlah berlandaskan kekuasaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar