Rabu, 26 Desember 2012

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARISISI ANGGOTA



I. EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI
Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan paraanggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaankoperasi :Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannyaJika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebihmenguntungkan di banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luarkoperasi.
II. EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkatpartisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaatpelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap hargayang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihatperanan koperasi dalam pasar yang bersaing.
III.ANALISIS HUBUNGAN EFEK EKONOMIS DAN KEBERHASILAN KOPERASI
Dalam badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar olehmanajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari konsepkoperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupuntransaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnyasemakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota.
IV. PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACAPELAYANAN
Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungankoperasi, terutama tantangantantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggotaharus secara kontinu di sesuaikan. Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasimeningkatkanpelayanan kepada anggotanya.
1.    Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban.Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalammengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar